Pengelolaan seni pertunjukan dewasa ini, bukan hanya persoalan teknis berupa penataan ruang, panggung, atau pemasaran semata. Tetapi juga soal strategi mengolah persepsi, imajinasi, dan intuisi penonton hingga pelibatan penonton dalam seni pertunjukan. Lebih jauh lagi, manajemen seni juga difungsikan sebagai pencipta trend, style maker, penggubah peristiwa sampai analisis budaya.  Apalagi ditengah kehidupan digital dewasa ini, dimana kaum millenial yang memiliki pola kehidupan yang telah berubah. Maka tata kelola seni pertunjukan, mau tidak mau harus mengikuti perubahan zaman dengan ragam perubahan platfrom yang dipakai anak-anak muda dalam berinteraksi, juga saat mereka berkarya atau menikmati seni pertunjukan.

Oleh karena itu, Adhiwarga Mandiri bekerjasama dengan pelaku, peneliti dan akademisi bidang seni pertunjukan di Yogyakarta menawarkan pelatihan Tata Kelola Seni Pertunjukan untuk membantu panduan bagi pemerintah daerah, para pelaku seni pertunjukan di daerah dalam pengembangan seni pertunjukan di daerah agar lebih profesional, bernilai, dan disukai oleh para penonton, khususnya generasi millenial.

Tujuan

  1. Peserta pelatihan mampu mengkaji fenomena sosial budaya dan seni sebagai sumber penciptaan atas karya seni pertunjukan yang berkualitas, dan menarik.
  2. Peserta pelatihan mampu memanfaatkan media baru di era perkembangan media digital di Indonesia.
  3. Peserta pelatihan mampu menjalin dan membangun kerjasama dengan pemangku kepentingan lain seperti perusahaan swasta, BUMN, pemerintah, dan lain sebagainya untuk kesuksesan pengelolaan seni pertunjukan.
  4. Peserta pelatihan mampu mengelola seni pertunjukan dengan manajemen yang baik, dan profesional.

Waktu

Pelatihan Tata Kelola Seni dan Festival yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari di Yogyakarta, dengan pilihan jadwal sebagai berikut:

    • Angkatan III, 3, 4, 5 Agustus 2020
    • Angkatan IV, 7, 8, 9 September 2020
    • Angkatan V, 5, 6, 7 Oktober 2020
    • Angkatan VI, 16, 17, 18 November 2020
    • Angkatan VII, 7, 8, 9 Desember 2020

Ketentuan

  1. Pelatihan ini terbuka untuk umum bagi pemerintah, pelaku seni tradisi, pelaku seni pertunjukan, penyelenggara event organizer, dan lain sebagainya.
  2. Isi form di sini
  3. Peserta wajib memiliki Surat Keterangan Bebas Covid-19 dari Puskesmas atau Rumah Sakit.
  4. Jumlah peserta minimal per angkatan 5 (lima) orang.
  5. Peserta membayar biaya pelatihan sebesar Rp 6.500.000 (sudah termasuk penginapan hotel selama 2 malam)dibayarkan ke: Bank Mandiri , No. Rek. 137-00-1752737-1, An. PT. Adhiwarga Mandiri Sejahtera
  6. Pembayaran paling lambat 2 (dua) minggu sebelum pelatihan dilaksanakan sesuai dengan angkatan yang dipilih.
  7. Fasilitas yang didapat peserta adalah:
  • Kamar hotel 2 malam selama pelatihan (share room, 1 kamar untuk 2 orang)
  • Transportasi ke desa wisata
  • Pelatihan Kits (Tote Bag, Block Note, Pulpen, Name Tag)
  • Sertifikat
  • Face shield, hand sanitizer